Tim Tari Pelajar Lampung Raih Juara 1 di Festival Topeng Incheon

  • Whatsapp
Andong Maskdance Festival 2018. Foto Istimewa

radarcom.id – Prestasi membanggakan berhasil diraih kontingen tari dari Sanggar Muli Mekhanai SMA Negeri 1 Kotagajah, Lampung Tengah yang meraih juara pertama pada perhelatan Andong International Mask Dance Festival di Incheon, Korea Selatan.

Penanggungjawab Kontingen Tari Indonesia dari SMA Negeri 1 Kotagajah, Lampung Tengah, Drs Dasiyo Priambodo MPd, mengatakan keberangkatan Sanggar Tari Muli Mekhanai sebagai delegasi Indonesia ini ditunjuk langsung oleh Andong Festival Tourism Foundation, South Korea.

Bacaan Lainnya

Dasiyo yang juga Kepala SMA Negeri 1 Kotagajah, mengatakan dalam festival yang berlangsung pertengahan Oktober 2018 di Korsel itu, delegasi menampilkan Tarian Tuping Tuping. Ini adalah tari yang mengisahkan ritual masyarakat Lampung memohon bantuan Tuhan mengusir penjajahan dari bumi Lampung melalui medium topeng.

“Kontingen kami selain menyabet juara pertama Andong Mask Festival, juga berhasil membukukan prestasi sebagai juara favorit atau Special Participation dalam ajang festival itu,” ujar Dasiyo seperti dilansir Antara, Minggu (28/10).

Dalam ajang itu delegasi juga menampilkan Tarian Ngakuk Way yang menggambarkan gadis-gadis Lampung melakukan ritual adat mengambil air dalam prosesi acara Cakak Pepadun. Tari ini memperlihatkan keceriaan gadis-gadis tersebut.

Erna Budiwati SPd, pembina Sanggar Tari Muli Mekhanai mengatakan selain unjuk prestasi, delegasi Lampung juga mempunyai misi memperkenalkan budaya dan pariwisata Lampung ke ajang internasional. “Keberangkatan kami ke ajang festival tersebut berkat dukungan berbagai pihak,” kata dia.

Kasi Kesenian Disdikbud Provinsi Lampung M Hari W Jayaningrat SSos MM, sangat mengapresiasi keberhasilan Sanggar Muli Mekhanai tersebut. Dia menyatakan keberhasilan sanggar seni dari SMA Negeri 1 Kotagajah ini, tak hanya mengharumkan nama Kabupaten Lampung Tengah dan Provinsi Lampung, tetapi juga Indonesia di kancah internasional. (tmp/ant/rci)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *