HTML Image as link Qries

SMP Al-Azhar 3 Lampung Kenalkan Ibadah Haji Sejak Dini ke Murid

Pelatihan manasik haji SMP Al-Azhar 3 Bandarlampung, Kamis (18/10). Foto Istimewa

radarcom.id — SMP Al-Azhar 3 Bandarlampung kenalkan ibadah jaji sejak dini, kepada para murid melalui pelatihan manasik haji di Wisma Haji Rajabasa Bandarlampung.

Ketua Pelaksana Pelatihan Manasik Haji SMP Al-Azhar 3 Bandarlampung A. Rifky, S. Ag menjelaskan, dalam pelajaran kelas 9 ada materi yang membahas tentang Haji dan Umrah. Termasuk di dalamnya menjelaskan tata cara ibadah haji dan umrah berikut praktek penyembelihan hewan qurban.

banner 300600
Ketua Yayasan Al-Azhar Lampung H. Afdi Muslim.

“Keduanya rutin tiap tahun sesuai waktu terkait dan diadakan dalam rangka praktek lapangan berikut penjelasannya kepada siswa. Dengan tujuan agar siswa lebih memahami ibadah haji dan umrah, dan berjiwa ikhlas dalam berkurban,” ungkapnya kepada radarcom.id, Kamis (18/10).

Peserta terdiri dari seluruh kelas 9, yang di ikuti oleh wali kelas 9. “Pemandu kita ambil dari luar sekolah yang sudah berpengalaman dalam memandu manasik haji,” ujarnya.

Ketua Yayasan H. Afdi Muslim Thaher, SE mengatakan, dalam praktik rukun Islam ke lima tersebut ditekankan kepada siswa agar pelaksanaan manasik haji itu sebagai pembelajaran, untuk mengamalkan ilmu yang telah mereka pelajari sebelumnya dalam pelajaran agama maupun akhlak.

“Nilai dalam praktik manasik haji ini salah satunya kita mengenalkan sejarah bagaimana Nabi Ibrahim membangun Kakbah. Kita tanamkan juga perjuangan Rasullah dalam menyiarkan Islam di Mekkah yang sebe­lumnya dipenuhi dengan berhala-berhala,” ungkapnya.

Selain itu nilai ibadah haji yang diajarkan juga tentang kedisiplinan dalam pelaksanaan ibadah. “Karena ibadah itu, disiplin. Pelaksanaan rukun ibadah yang dilakukan dari awal sampai akhir mengajarkan tentang kedisiplinan,” jelas Afdi. (hen/Iis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *