HTML Image as link Qries

Gempa 3,7 SR Guncang Pesbar Lampung, Tidak Berpotensi Tsunami

Foto BMKG

radarcom.id – Gempabumi tektonik mengguncang wilayah Pesisirbarat-Lampung, Sabtu, 13  Oktober 2018.  Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi terjadi pada pukul  09:18:55  WIB dengan kekuatan M=3,7 dengan koordinat  episenter  5.65  LS dan 103.87 BT atau  tepatnya berlokasi di darat pada jarak 51 Km BaratDaya Pesisirbarat-Lampung pada kedalaman 21 km.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan Joko Siswanto, S.Sos. mengatakan,
Berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat, gempabumi dirasakan di daerah  Bengkunat Pesisir Barat Lampung I SIG-BMKG (II MMI). Namun demikian hingga saat ini belum ada laporan adanya kerusakan.

banner 300600

“Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia kebawah lempeng Eurasia,” terangnya, Sabtu (13/10).

Hasil monitoring BMKG hingga saat ini menunjukkan belum terjadi gempabumi susulan. “Untuk itu kepada masyarakat di daerah Lampung  dihimbau agar tetap tenang karena gempabumi  ini tidak berpotensi tsunami,” pungkasnya. (rci/rci)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *