HTML Image as link Qries

Wagub Bachtiar Basri Resmi Buka Pameran Lukisan 38 Perupa di TBL

Wagub Bachtiar Basri bersama Wabup Tuba Barat Fauzi Hasan saat membuka pameran lukisan di Taman Budaya Lampung, Senin (1/10). Foto Istimewa

radarcom.id – Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri berpesan untuk para seniman khususnya pelukis di Lampung agar terus berkarya. Meski tidak ada wadah untuk mengeksplorasi, jangan pernah berhenti berkarya.

“Saya berharap, para seniman lukis dikasih ruang untuk berkarya. Contohnya penyair Lampung yang mendapat julukan Paus sastra Lampung, Isbedy Stiawan ZS. Ketika diberi ruang dan wadah, nama Isbedy tambah besar, bukan hanya skala nasional, tapi internasional,” kata Wagub saat membuka pameran lukisan yang diikuti 38 perupa Lampung di Taman Budaya Lampung (TBL), Senin (1/10).

banner 300600

Pameran dengan tema ‘Menari Celah Mengisi Ruang Kosong’ juga dihadiri Wabup Tulangbawang Barat Fauzi Hasan.

Menurut wagub, dirinya mengajak Lampung untuk maju di bidang seni, karena Lampung memiliki potensi yang besar, motivasi dan integritas untuk memajukan seni.

“Siapapun punya hak untuk mengembangkan seni. Hari ini saya senang, ada geliat kembali,” terangnya.

Sementara itu, Kurator Pameran David mengatakan, pameran lukis yang dihelat dari tanggal 1-8 Oktober mendatang ini, terjalin atas bantuan fasilitas kesenian yang ke 2 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, bekerja sama dengan Taman Bidaya Lampung dan Dewan Kesenian Tulangbawang Barat.

“Keseluruhan pameran lukis ini diikuti oleh 38 perupa dan 42 karya Lukis yang dilaksanakan dari tanggal 1-8 Oktober 2018,” ucap David.

Sementara itu, Fauzi Hasan mengatakan banyak hal yang harus dilakukan dalam meningkatkan kehidupan kesenian di Lampung, khususnya di bidang lukis.

Dengan kesenian, kata dia, seseorang bisa berarti untuk orang lain. Seperti contohnya pelukis, idealnya harus punya kader, artinya ilmu (melukis) seseorang harus ditularkan ke orang lain.

“Seperti tema pameran hari ini, pelukis harus mengambil celah, jangan hanya menunggu dipanggil,” ujar Ketua Dewan Kesenian Tubaba ini.

Diketahui, wajah lama masih mendominasi pameran perupa Lampung, diantaranya Pulung Swandaru, Helmy Azeharie, Dana E. Rachmat, Yen Joenaedi, Ayu Sasmita, Icon, Yulius Bermardi, Nurbaito, Koliman, S. Temon, Suyitno.

Pameran juga diramaikam para perupa ‘wajah baru’ di ranah senirupa Lampung. Bahkan, Bupati dan Wakil Bupati Tulangbawang Barat Umar Ahmad-Fauzi Hasan turut berpameran dengan satu lukisan. (kwn/Iis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *