HTML Image as link Qries

Kronologi Tsunami di Donggala, Palu dan Mamuju

Video tsunami di Palu yang beredar di media sosial, Jumat (28/9). Foto Istimewa

radarcom.id –  Gempa magnitudo 7,4 SR yang mengguncang Donggala, Palu, dan Mamuju Sulawesi Tengah mengakibatkan gelombang tsunami. Kekuatan gempa tersebut merupakan pemutakhiran setelah disebutkan magnitudo 7,7.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengatakan, tsunami yang muncul akibat gempa tersebut masuk level siaga dengan ketinggian setengah meter hingga maksimum 3 meter.

banner 300600

“Gempa bumi tersebut menimbulkan tsunami dengan level siaga yakni ketinggian lebih dari setengah meter maksimum 3 meter, waktu (air) tiba 17.22 WIB, sehingga waktu mengumumkan gempa BMKG juga mengumumkan peringatan dini tsunami,” kata dia dalam jumpa pers di kantor BMKG, Jakarta, Jumat (28/9) seperti dilansir merdeka.com.

Dia mengatakan, selain peringatan dini tsunami, BMKG juga melakukan pemantauan naiknya muka air laut. Dari hasil pengamatan, terlihat adanya kenaikan muka air laut setinggi 6 cm, pada pukul 17.13 WIB.

“Dari saksi mata di lapangan, di Pantai Palu, terpantau ketinggian muka air laut naik 1,5 meter,” katanya.

Setelah tsunami datang, pihaknya terus melakukan pemantauan. Hasilnya, air yang datang semakin surut. Karenanya, dengan surutnya air tsunami tersebut maka peringatan dini tsunami diakhiri pada pukul 17.36 WIB.

“Artinya memang benar tsunami terjadi hingga 1,5 meter namun kejadian tsunami itu telah berakhir pada pukul 17.36 WIB,” katanya. (mdk/net/rci)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *