HTML Image as link Qries

KH Yakhsyallah, MA: Sanad Tilawah Pelihara Otentik Alquran

Peresmian Daurah Sanad Tilawah bagi Mahasiswa di Sekolah Tinggi Shuffah STSQABM oleh KH Yakhsyallah Mansur, Minggu (23/9) petang di Kampus Muhajirun, Natar Lampung. Foto Istimewa for radarcom.id

radarcom.id – Sanad Tilawah merupakan salah satu cara memelihara keotentikan bacaan atau hafalan Alquran yang harus dimiliki para alim.

Hal itu disampaikan oleh Imaam Yakhsyallah Mansur pada acara peresmian Daurah Sanad Tilawah bagi Mahasiswa di Sekolah Tinggi Shuffah STSQABM, Minggu (23/9) petang di Kampus Muhajirun, Natar Lampung.

banner 300600

“Sanad mutlak diperlukan bagi para alim, khususnya sarjana Alquran, agar keilmuannya bisa dipertanggung jawabkan secara ilmiah,” terang KH Yakhsyallah kepada para mahasiswa.

Para mahasiswa STSQABM Natar Lamsel. Foto Istimewa for radarcom.id

STSQABM, menurutnya berperan besar dalam membaca, memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai Alquran dalam kehidupan bermasyarakat, sekaligus berfungsi dan berperan sebaga benteng penjaga terjadinya degradasi moral anak bangsa.

Ketua Dewan Penasehat STSQABM itu meneruskan, kelebihan sanad Alquran adalah bersambung hingga malaikat Jibril dan kepada Allah SWT, sementara hadis hanya sampai Rasulullah SAW.

STSQABM Mendunia

Selama ini, STSQABM dipercaya menjadi rujukan pengambil Sanad Tilawah se-Asia.

“Alhamdulillah STSQABM dipercaya oleh satu lembaga internasional di Gaza bernama Darul Quran yang menjadi rujukan para hufaz sebagai pusat pengambilan sanad se-Asia Tenggara,” terang Yakhsyallah.

Sementara itu, Wakil Ketua I bidang Akademik STSQABM, Lili Sholehuddin menegaskan, dalam upaya memelihara keaslian Tilawah Al-Quran STSQABM telah memiliki dosen bersanad taraf internasional.

“Alhamdulillah kita dipercaya oleh satu lembaga besar di Gaza, Darul Quran sebagai pusat pengambilan sanad se-Asia Tenggara,” katanya.

Pihaknya berharap kehadiran STSQABM di tengah masyarakat dapat menjadi primus inter pares dalam menghadirkan nilai-nilai Alquran di tengah-tengah masyarakat yg sedang mengalami sakit sangat parah dengan munculnya berbaga krisis multidimensional.

“Inilah salah satu keunggulan kuliah di STSQABM secara akademik mempunyai kemampuan intlektualitas untuk menjawab problematika masyarakat berdasarkan analisis kajian Al Quran dan kealimannya dibidang Alquran tidak diragukan lagi karena memiliki sanad yang di akui ulama ulama dunia,” pungkasnya. (rci/rci)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *