Lampung Coastal Cleanup Day 2018 Kolaborasi untuk Lingkungan

  • Whatsapp
Aksi bersih pantai pada program Lampung Coastal Cleanup Day 2018, Minggu (16/9). Foto Istimewa

radarcom.id – Lampung Coastal Cleanup Day adalah inisitatif Coca-Cola Amatil Indonesia, Grand Elty dan Forum CSR Lampung dalam peringatan International Coastal Cleanup Day dan upaya penyelamatan lingkungan khususnya di kawasan wisata pantai.

Kebersihan pantai dianggap sangat penting karena membuang sampah ke pantai, dan lautan bisa lebih dikenal sebagai polusi. Ketika sampah masuk ke lautan, hewan dapat dengan mudah salah mengira sampah itu sebagai sumber makanan mereka dan mengakibatkan kematiannya.

Bacaan Lainnya
banner 728x250
Lampung Coastal Cleanup Day 2018 diikuti komunitas dan pemangku kepentingan. Foto Istimewa

Menurut Dr. Saptarini S.H., M.H – Ketua Forum CSR Lampung hal ini penting mengingatkan seluruh stakeholder di Lampung menjaga kelestarian lingkungan karena kita tinggal dalam satu bumi dan bumi kita satu. Lautan adalah yang menyatukan ribuan pulau di dalam satu ikatan Kita Indonesia, kenapa harus di pantai atau lautan?

“Lautan adalah ekosistem terbesar di Bumi, itu adalah sistem pendukung kehidupan planet. Lautan menghasilkan setengah oksigen yang kita hirup dan, pada saat tertentu, mereka mengandung lebih dari 97% air dunia. Lautan menyerap karbon dioksida dari atmosfer dan mengurangi dampak perubahan iklim,” kata Rini, Minggu (16/9).

Plt. Bupati Lamsel Nanang Ermanto membuka Lampung Coastal Cleanup Day 2018, Minggu (16/8). Foto Istimewa

Selain untuk mendorong minat wisata pantai di Kalianda Lampung Selatan, dengan membangun kesadaran masyarakat dan pelaku usaha untuk menciptakan kawasan wisata pantai bersih.

Lampung Coastal Clean Up Day dilaksanakan di Pantai Merak Belantung Grand Elty Lamsel diikuti oleh lebih dari 300 orang para pemangku kepentingan. Terdiri dari berbagai komunitas dan lembaga pemerintahan di Kabupaten Lampung Selatan mulai dari CSR Forum Lampung, Apindo, Persaki, Aiesec, Radio Antar Penduduk Indonesia, Rumah Konservasi Sahabat Gajah, Forum Pendidik Sukanegara, Karang Taruna, Unila, UBL, Centra Pertiwi Bahari, PLN, Telkom, Yayasan Peduli Generasi Lampung, Rimbawan dan Saka Bahari.

Kegiatan yang dibuka oleh Plt Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto, terdiri dari Time Rally Pembersihan Pantai, penanaman 400 batang pohon vegetasi pantai yang terdiri dari mangrove, cemara udang dan ketapang serta pemasangan 20 unit tempat sampah edukasi.

Yayan Sopian CA Regional West Indonesia dalam keterangan persnya menyatakan bangga manjadi bagian dari kolaborasi besar untuk mewujudkan harapan lingkungan laut lebih bersih. Menjaga kelestaraian alam adalah tanggung jawab kita Bersama dan Coca-Cola Amatil Indonesia hanya bagian kecil yang terus memompakan semangat kolaborasi untuk bumi.

“Hari ini bersyukur kita bisa mengumpulkan 429 kg sampah plastik dari pesisir pantai Kalianda. Bayangkan jika kita tidak mulai berbuat sekecil apapun untuk lingkungan apa yang akan terjadi dengan lautan kita ayo gelorakan terus semangat kolaborasi untuk lingkungan dimanapun kita berada dibumi ini,” tegas Kang Yayan–sapaan akrab pria yang dikenal dengan banyak ide-ide cemerlang dan kreatif ini. (rls/hen)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *