(Video) Pohon Kurma di Kemiling Mulai Berbuah

  • Whatsapp
Peresmian 30 Desa/Kelurahan Sadar Hukum oleh Kementerian Hukum dan HAM RI di Hotel Novotel Lampung, Rabu (12/9). Foto Hendra Irawan/radarcom.id

radarcom.id – Pohon kurma biasanya identik dengan jazirah Arab. Namun, ternyata di Kemiling Bandarlampung, pohon kurma berhasil berbuah dengan tampilan yang indah. Namun, berbuahnya kurma tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama yakni sekitar 10 tahun.

H. Subandoro kepada radarcom.id membenarkan bahwa kurma yang ia tanam di area hijau Perumahan Wana Asri Kemiling, Bandarlampung kini mulai berbuah. “Ya benar, Alhamdulillah setelah 10 tahun pohon kurma yang kami tanam itu kini mulai berbuah. Sekitar beberapa bulan lalu,” ungkapnya saat diwawancarai, Rabu (12/9).

Bacaan Lainnya
Pohon kurma di Perumahan Wana Asri, Kemiling kini mulai berbuah. Foto Istimewa

Menurut Pak Haji–sapaan akrabnya, kurma itu dia semai sejak 10 tahun lalu. Ada 10 batang ditanam di area hijau Perumahan tempat ia tinggal.

Foto Istimewa

“Saya sengaja semai memang. Dari biji yang kami dapatkan. Jadi bukan bibit. Alhamdulillah tumbuh dan cukup besar batangnya. Tidak dipupuk atau dikawinkan dengan yang pohon jantan atau betina. Pokoknya dibiarkan saja, kini mulai berbuah. Sebab setahu saya, kurma kan sulit berbuah kalau di Indonesia,” ujarnya.

Awalnya, kata pak Haji, ada tiga tandan buahnya. Yang satu tandan lebat, yang dua agak kurang lebat. Namun sayang, belum lagi merasakan manisnya kurma, sebagian sudah hilang.

“Ya kami biarkan saja namanya di area publik, mungkin diambil orang. Rencananya nanti akan kita bungkus. Sebab, warga sangat senang dengan mulai berbuahnya kurma ini,” ucapnya.

Pak Haji pun membagikan video pohon kurma yang berbuah di Kemiling tersebut kepada radarcom.id.

“Mudah-mudahan yang lainnya bisa berbuah juga agar bisa menjadi berkah,” kata TU di Sekolah Taman Siswa Tanjungkarang ini. (rci/rci)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *