Simak, Cara Registrasi untuk Daftar CPNS 2018

  • Whatsapp
Ilustrasi/Net

radarcom.id – Pendaftaran CPNS 2018 berbeda dari sebelumnya. Pendaftaran CPNS 2018 hanya bisa dilakukan melalui situs sscn.bkn.go.id.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) sudah menyiapkan kanal khusus yang berisi panduan untuk lakukan Pendaftaran CPNS 2018. Calon pelamar bisa akses laman sscn.bkn.go.id itu berbarengan dengan jadwal pendaftaran yaitu 19 September 2018. Hal itu dilakukan sesuai dengan rencana Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) yang beberapa waktu lalu melakukan uji kemampuan portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN).

Bacaan Lainnya

Laman sscn.bkn.go.id diuji oleh tim QA & Audit Teknologi Panselnas yang sudah melaukan kunjungan ke data center server SSCN, pada Kamis (9/8).

Seperti dilansir Tribunnews, pada kesempatan itu, Panselnas melakukan uji kemampuan portal sscn.bkn.go.id, untuk pelaksanaan CPNS nanti.

Beberapa hal yang mereka lakukan adalah uji penetrasi (uji kata sandi yang jelas, uji injeksi SQL), uji beban dan pengujian lain yang relevan.

Selain itu kini Pendaftaran CPNS 2018 diklaim lebih singkat dari penerimaan CPNS sebelumnya.

Selain perubahan dari proses seleksi, pendaftaran CPNS akan dilakukan melalui portal nasional di laman http://sscn.bkn.go.id dan tidak ada pendaftaran melalui portal mandiri oleh instansi.

Kepala Biro Humas BKN, Mohammad Ridwan mengatakan sistem Computer Asissted Test (CAT) juga diterapkan dalam rangka mendukung penerimaan CPNS yang objektif dan akuntabel.

Menurut dia, portal SSCN akan lebih user friendly, dengan adanya self guided mechanism yang akan meminimalisasi kesalahan memilih formasi berdasarkan latar belakang
pendidikan.

Termasuk nantinya, peserta bisa memantau informasi real time, Ridwan mengatakan, calon pendaftar juga akan mendapatkan informasi real time tentang jumlah pelamar pada formasi tertentu dari kementerian/lembaga/daerah tertentu.

Dengan cara ini, calon pelamar diharapkan semakin dimudahkan melakukan pendaftaran saat penerimaan CPNS 2018 resmi dibuka.

Soal lokasi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), ada sedikitnya 176 titik lokasi yang terdiri dari Kantor BKN Pusat.

Ada juga 14 Kantor Regional BKN dan 14 Unit Pelaksana Teknis (UPT) BKN yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, fasilitas mandiri dan kerjasama dengan Pemerintah Daerah. (tbn/net/Iis)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *