Qries

68 Napi Lapas Gunungsugih Dites HIV/ AIDS, Ini Hasilnya..

Warga binaan Lapas Gunungsugih mengikuti tes HIV/AIDS di lapas setempat, Kamis (30/8). Foto Aditiya Sugito/radarcom.id

radarcom.id – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dinilai sebagai tempat yang rentan terhadap penyebaran Human Immunodeficiency Virus (HIV)/AIDS. Sebab, banyak warga binaan dari luar yang masih menjalani pergaulan bebas, dan kemudian membawa virus mematikan itu ke dalam lapas.

Sebanyak 68 Warga Binaan Pemasyarakatan dilakukan screening HIV/AIDS agar penyakit itu dipastikan tiada dalan lapas. Demikian disampaikan Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Gunung Sugih Syarpani kepada radarcom.id, Kamis (30/8).

“Kami adakan test mendadak dan diambil sampel secara acak. Alhamdulilah hasilnya langsung bisa diketahui dan semuanya negatif,” ujarnya.

Syarpani mengatakan kegiatan ini merupakan langkah antisipatif agar penderita HIV/AIDS dapat terdeteksi dan mendapat penanganan lebih awal. Menurutnya, selama ini pihaknya menerima warga binaan dari seluruh Lampung Tengah tanpa mengetahui riwayat kesehatannya

“Ini deteksi dini, kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama dengan Puskesmas Gunungsugih. Ini akan dilakukan setiap tiga bulan sekali untuk seluruh warga binaan, ” kata bapak yang punya hobi memancing ini. (dit/lis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.