Berita Utama Tips Pintar Menjaga Kesehatan Saat Musim Kemarau

Tips Pintar Menjaga Kesehatan Saat Musim Kemarau

Ilustrasi/Net

radarcom.id – Saat musim kemarau tiba, bagi sebagian orang tentu menyenangkan karena anda dapat dengan bebas beraktivitas tanpa gangguan hujan.

Tips Pintar Menjaga Kesehatan Saat Musim Kemarau

Namun anda tetap perlu waspada karena pergantian dari musim hujan ke musim kemarau membuat tubuh kita juga harus menyesuaikan diri agar tetap sehat dalam beraktivitas.

Dari musim hujan yang membuat anda menggunakan pakaian hangat, mandi dengan air hangat dan juga terbiasa juga dengan minuman hangat atau kadang malah kurang minum karena cuaca yang dingin membuat anda tidak mudah haus.

Nah, pergantian dari kebiasaan anda dimusim hujan ke musim kemarau juga membuat anda harus membiasakan diri agar tubuh tetap sehat dan aktivitas anda tetap lancar.

Berikut ini beberapa tips pintar menjaga kesehatan saat musim kemarau yang bisa anda coba lakukan.

BACA  Di Lampung, Firli Bahuri Beberkan Strategi Berantas Korupsi

Minum Air Putih 

Di musim kemarau terik matahari akan lebih terasa panas dan membuat tubuh anda cepat mengalami dehidrasi.

Tubuh anda akan lebih banyak mengeluarkan cairan karena cuaca yang panas, cairan keringat yang keluar berlebihan ditubuh anda tentu membuat anda mudah merasa haus.

Nah, untuk mencegah dehidrasi sebaiknya anda lebih sering minum air putih, minumlah air putih setidaknya 8 gelas dalam sehari.

Minum air putih yang cukup dapat membantu tubuh anda tetap sehat dan mencegah berbagai penyakit.

Saat musim kemarau hindari minum soft drink atau minuman dingin bersoda lainnya karena itu justru membuat tubuh anda tidak sehat karena kandungannya meningkatkan resiko diabetes.

Jika anda mengkonsumsi air putih kemasan atau botol, pilihlah produk yang terjamin kebersihan dan kesehatannya,Pastikan produk tersebut terdaftar dan berijin BPOM.

BACA  Fauzi: Membangun Tempat Wisata Perlu Kekompakan dan Kebersamaan Pemangku Kepentingan

Rajin cuci Tangan

Mencuci tangan setelah beraktivitas memang kelihatannya hal yang sepele, tapi nyatanya banyak orang susah melakukaknya.

Banyak hal positif yang anda dapatkan dari rajin dan rutin mencuci tangan anda dengan sabun secara benar, karena hal ini juga dapat membantu anda menjaga kesehatan.

Tangan yang selalu terjaga kebersihannya membantu mencegah berbagai kuman penyakit yang akan menghampiri anda.

Jadi sebaiknya rajinlah mencuci tangan anda dengan sabun secara benar setelah anda melakukan aktivitas agar kebersihan diri anda terjaga setiap hari.

Tidur Yang cukup

Cara menjaga kesehatan yang paling mudah anda lakukan adalah tidur atau istirahat yang cukup setiap hari.

Tidur cukup menurut para ahli kesehatan disarankan 8 jam sehari agar tubuh tetap sehat selama musim kemarau ini.

BACA  Fauzi Buka Sosialisasi PKBR Pringsewu 2020

Seseorang yang tidur cukup dan teratur akan memiliki tubuh yang lebih segar,bugar dan sehat untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Dengan tidur yang cukup juga membantu anda mengembalikan stamina tubuh yang sempat hilang setelah lelah beraktivitas.

Makan makanan bergizi

Di musim kemarau dengan cuaca yang panas dan aktivitas diluar ruangan yang membuat tubuh anda memerlukan banyak tenaga tentu dibutuhkan makanan bergizi untuk mengimbanginya.

Disaat cuaca panas dan aktivitas padat, tentu tubuh anda memerlukan makanan bergizi dan sehat untuk menjaga kondisi tubuh tetap prima.

Pilihlah makanan yang banyak mengandung serat, jangan lupa juga konsumsi sayur dan buah-buahan agar gizi tetap seimbang. (net/rci)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini