Penyebab Kebakaran Gili Lawa Darat Masih Misterius

  • Whatsapp
Kebakaran Gili Lawa Dara, Kamis (2/8). (Foto: twitter/@KementerianLHK)

Radarcom.id – Penyebab kebakaran yang melanda kawasan Taman Nasional Komodo, tepatnya di lahan hutan daerah Gili Lawa Darat, Nusa Tenggara Timur (NTT), hingga kini masih belum menemukan titik terang.

Kabid Humas Polda NTT Kombes Jules A Abast menuturkan pihaknya masih menyelidiki kasus tersebut. Dia belum bisa menjelaskan penyebab terjadinya kebakaran yang menghanguskan kawasan wisata seluas 10 Hektar tersebut.

Bacaan Lainnya

“Sejauh ini masih proses penyelidikan. Jadi mulai dari penyebab kebakaran sejauh ini tetap kita lakukan penyelidikan,” ujar Abast, Senin (6/8) malam.

Kendati demikian, Abas memastikan bahwa pihaknya telah meminta keterangan sejumlah pihak yang terkait dengan kebakaran itu. Meski hingga kini belum ada satu pun yang ditetapkan sebagai tersangka.

“Kita sudah memanggil beberapa saksi. Kemarin kita sudah sampaikan baik dari kru kapal, wisatawan, tour guide, pemandu wisata, dari petugas taman nasional komodo, itu sudah kita mintai keterangan,” tambahnya.

Kebakaran itu sendiri terjadi pada Kamis (2/8) malam. Kebakaran itu diduga terjadi pada pukul 20.00 WITA dan baru bisa dipadamkan pada Jumat (3/8) sekitar pukul 03.00 WITA.

Kebakaran Gili Lawa Darat, Rabu (1/8). (Foto: twitter/@KementerianLHK)

Peneliti flora fauna yang tergabung di Balai Taman Nasional Komodo, Kefi, menduga bahwa kebakaran tersebut terjadi karena adanya kegiatan foto prewedding yang menggunakan efek api dalam sesi pemotretan di kawasan tersebut.

“Ini unsur kesengajaan atau tidak kita belum tahu, tapi mungkin kelalaian karena menggunakan foto prewedding pakai bunga api,” ujar Kefi saat dikonfirmasi kumparan, Jumat (3/8). (kumparan/dq)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *